Poktan Padaidi Sukses Panen Padi Perdana di Busang

AKTUALBORNEO.COM – Kelompok Tani (Poktan) Padaidi, Desa Long Bentuk, Kecamatan Busang Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun ini telah menikmati hasil perdana padi sawah. Setelah mendapat bantuan percetakan sawah dari PT Hamparan Perkasa Mandiri (HPM) dan PT Subur Abadi Wana (SAWA) seluas 10 Hektare (Ha). Hal tersebut disampaikan, Camat Busang Imping Anyeq, Kamis (7/4/2022).

“Tahun ini Kelompok Tani Padaidi sudah melaksanakan panen perdana. Ini berkat binaan dan dukungan dari PT HPM dan PT SAWA dalam percetakan sawah yang hampir 10 Ha. Kami Pemerintah Kecamatan tentunya sangat bersyukur dan apresiasi kedua perusahaan tersebut dalam membina kelompok Tani di Kecamatan Busang,” ungkap Impung.

Untuk tahun ini, sambung Impung, panen perdana sebanyak 2,9 ton gabah kering per petak. Dalam 1 Ha tedapat 6 petak. Artinya 1 Ha menghasilkan 6,4 ton gabah kering. Sehingga hasil panen perdana Poktan Padaidi tahun ini sekitar 64 ton gabah kering.

“Hasil panen padi sawah ini akan disisikan dulu untuk keperluan hari-hari petani dan kalau ada lebih nya akan di jual ke Koperasi Karyawan PT HPM dan PT Sawa. Perusahaan menyatakan siap membelinya, karena beras sawa ini rasa nya pulen dan harum,” tuturnya.

Lebih jauh Impung berharap, hasil ini bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kecamatan Busang serta dapat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hadir pula Manajer CSR PT HPM dan PT SAWA Kepala Desa Long Bentuq, PPL Pertanian Desa Long Bentuq, Ketua Kelompok Tani Padaidi, Pendamping Desa serta Anggota Kelompok Tani. (Kutaitimurkab.go.id).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *