PPL Sangsakakaukan di kukuhkan, Kasmidi Bulang: Harap Berikan Edukasi Bagi Petani

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Ketua DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian (Perhiptani) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang, mengukuhkan Dewan Pengurus Cabang Perhiptani se-Kecamatan Sangsakakaukan (Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, Kaubun dan Karangan) periode 2021 – 2026 di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU), Kecamatan Sangkulirang, Kamis (5/01/2023).

Kegiatan ini juga turut dihadiri Anggota DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Sangkulirang, Karangan, Kaubun, Sandaran, Kaliorang serta Danramil, Kapolsek, Danposal Maloy. Juga seluruh Kepala UPT P4 di Kecamatan dan undangan lainnya.

Kedatangan Ketua Perhiptani Kutim ini, selain agenda pengukuhan juga dirangkai dengan penyerahan bantuan berupa  laptop untuk para PPL baik PNS maun P3K. Disamping itu juga melakukan penyerahan baju batik untuk UPT P4 se-Kecamatan Sangsakakaukan.

Dilanjutkan dengan pemberian Bantuan Hibah berupa pupuk NPK Pelangi TA 2022. Kemudian pemberian bibit durian unggul,  serta ternak yakni itik, ayam Buras termasuk pembuatan kandang sapi.

Camat  Sangkulirang Rahmat menyatakan sangat mendukung dengan terbentuknya kepengurusan Perhiptani di Sangksakakaukan. Setelah terbentuk ia pin berharap program pertanian, khsususnya program Kementerian Pertanian bisa berjalan efektif dan normal.

Dirinya juga Perhiptani di tingkat  kecamatan bisa berkreasi, berinovasi dan berimprovisasi. Petani di desa juga diharapkan bisa mendapatkan sentuhan (perhatian) dari penyuluh yang ada dilapangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian melalui Kepala Bidang Pertanian Nurjannah menjelaskan, tergabungnya 3 kecamatan dalam satu DPC yaitu Sangkulirang, Karangan dan Sandaran, dikarenakan tidak memenuhi syarat dalam pembentukan DPC. Sebab, dalam satu kecamatan PPL minimal 15 orang, sedangkan Kaubun dan Kaliorang telah memenuhi kouta.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Perhiptani Kutim Kasmidi Bulang mengatakan, genap satu tahun pasca dilantiknya kepengurusan, akan lakukan konsolidasi, koordinasi organisasi melalui halal bil halal.

Berikut mendatangi hampir semua kecamatan sambil menyerap aspirasi apa saja yang dibutuhkan oleh PPL, sambung Kasmidi. Sehingga telah diberikan fasilitas dan penunjang bekerja.

“Saya diamanahkan, saya siap memperjuangkan. Dengan catatan tidak ada lagi PPL yang tidak turun dilapangan dan kantor. Ini janjinya, maka Pak Camat saya titip PPL ini mereka sudah diberikan fasilitas dan PPL siap membantu dan membackup pertanian dalam arti luas perkebunan dalam arti luas,” tegas Kasmidi Bulang.

PPL mempunyai tugas sangat berat, lanjut Kasmidi Bulang. PPL dituntut bisa berinovasi sebagai   ujung tombang pemerintah daerah dalam sektor pertanian dan perkebunan dalam arti luas.

Lebih jauh Ketua DPD Perhiptani Kutim berharap, Kolaborasi PPL bersama camat bisa membuat terobosan-terobosan. Agar bermanfaat bagi petani. Untuk memotivasi, Pemkab Kutim telah menyiapkan reward bagi PPL berprestasi setiap tahunnya.

PPL Sangsakakaukan di kukuhkan, Kasmidi Bulang: Harap Berikan Edukasi Bagi Petani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *