PT KPP Jobsite Inde Gandeng SDN 005 Kaliorang Wujudkan Sekolah Adiwiyata

AKTUALBORNEO.COM, Kaliorang – Edukasi tentang lingkungan sangat penting diajarkan serta ditanamkan kepada generasi penerus sedini mungkin.

Hal ini mengingat deforestasi atau penggundulan hutan yang marak terjadi di Indonesia sehingga membawa berbagai dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan serta pelestarian alam pada anak usia dini, melalui konservasi serta gaya hidup berwawasan lingkungan bagi para murid sekolah binaan lingkar tambang, PT Kalimantan Prima Persada (KPP) Jobsite Inde menggandeng SDN 005 Kaliorang untuk kerja sama dalam mewujudkan Sekolah Adiwiyata.

Program Sekolah Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup yang diharapkan menjadi wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan, ilmu dan etika agar tercapai kesejahteraan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.

Pada kesempatan kali ini, PT. KPP Jobsite Inde menggandeng SDN 005 Kaliorang menggelar kickoff program Sekolah Adiwiyata.

Mengingat pelaksanaan program ini tidaklah mudah, kolaborasi dari berbagai pihak pun menjadi salah satu kunci penting keberhasilan mejudukan Sekolah Adiwiyata.

“Kegiatan ini merupakan program CSR PT. KPP di area lingkar tambang, pelaksanaan kegiatan Sekolah Adiwiyata ini tidaklah mudah, sehingga perlu kolaborasi dan kerja sama dari segala pihak agar program berjalan dan berhasil,” ungkap perwakilan dari CSR PT. IC, Egosoni saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Sementara itu, perwakilan CSR PT. KPP, Yoga Pranata juga menyampaikan hal yang serupa.

Ia juga bersyukur bahwa kegiatan tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti UPT pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru serta orang tua wali murid.

Ia pun berharap kolaborasi tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga program Sekolah Adiwiyata dapat diwujudkan.

“Harapannya kegiatan ini dapat berhasil dan direplikasi ke sekolah lain di Kecamatan Kaliorang dan di saat yang sama dapat mencetak generasi unggul dengan berwawasan lingkungan,” ujar Yoga.

Tentunya, kegiatan ini mendapat respons yang sangat positif dari Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kaliorang, Wahidah.

Pasalnya, pihak perusahaan yang sudah peduli dengan sekolah di Kecamatan Kaliorang dengan berbagai kegiatan CSR terutama di bidang pendidikan.

SDN 005 Kaliorang merupakan sekolah pilihan yang telah lolos seleksi oleh perusahaan untuk kerja sama dalam pembinaan Sekolah Adiwiyata.

Sebelum melakukan kerja sama dengan sekolah sasaran, pihak perusahaan melakukan seleksi terlebih dahulu dan berkoordinasi dengan UPT Pendidikan serta pihak terkait.

“Jadi berbangga hatilah bagi SDN 005 Kaliorang yang terpilih menjadi pilot project sekolah adiwiyata, sehingga guru , staff dan kepala sekolah harus memanfaatkan momen ini untuk mendukung dan bekerjasama dengan baik supaya kegiata sekolah adiwiyata ini berjalan dengan baik serta berhasil sesuai dengan yang diharapkan,” ucap Wahidah.

Senada, Kepala SDN 005 Kaliorang, Masdiana mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak CSR PT. KPP Jobsite Inde atas kerja sama dalam program adiwiyata tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pihak perusahaan atas kerja samanya dalam program Sdiwiyata, kami berharap program ini tidak sampai disini saja, tetapi bisa sampai Sekolah Adiwiyata Mandiri,” kata Masdiana.

Untuk diketahui, dalam kegiatan kickoff program Sekolah Adiwiyata ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepamahaman antara perusahaan dengan SDN 005 Kaliorang, yang disaksikan oleh Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kaliorang, pengawas sekolah, kepala Desa Bukit Makmur dan guru serta staf SDN 005 Kaliorang.

Melalui nota kesepahaman ini, perusahaan bersama pihak terkait akan berkolaborasi untuk melaksanakan bimtek, pembaruan sarana dan prasarana sekolah demi mewujudkan Sekolah Adiwiyata.

Kegiatan ini diakhiri dengan dengan seremonial penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori secara bersama sama pihak PT Indexim Coalindo (Inde/IC), PT KPP Jobsite Inde, kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kaliorang, Pengawas Sekolah, Kepala Desa Bukit Makmur, guru, Staff dan siswa SDN 005 Kaliorang. (*Red/TK)

PT KPP Jobsite Inde Gandeng SDN 005 Kaliorang Wujudkan Sekolah Adiwiyata 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *