PT KPP Jobsite Inde Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMKN 1 Kaliorang

AKTUALBORNEO.COM, Kaliorang – PT Kalimantan Prima Persada (KPP) Jobsite PT Indexim Coalindo (Inde) menggelar kembali Pelatihan Jurnalistrik bagi siswa di SMKN 1 Kaliorang, Jalan Ery Suparjan, Desa Bukit Harapan, Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Kamis (18/01/2024).

CSR PT KPP Jobsite Inde di depan wartawan mengatakan event edukasi soal jurnalistik dilangsungkan guna menambah pengetahuan dan keterampilan para siswa pada bidang jurnalistik, Sabtu (20/1/2024).

Tentu saja dia berharap pelatihan jurnalistik kepada para siswa SMKN 1 Kariorang dapat menambah literasi dan pengetahuan tentang jurnalistik.

“Siapa yang kenal dengan Wilie Salim, Ria Ricis?,” tanya Yoga.

Siswa SMKN 1 maupun guru mayoritas mengacungkan tangannya, sebagai tanda bahwa mereka mengenal para YouTuber maupun influencer tersebut.

“Saya berharap siswa disini ada yang bisa jadi influencer, jadi sosok Ria Ricis, Wilie Salim, dari Kaliorang,” ungkap Yoga.

Semoga dari Kegiatan Pelatihan Jurnalistik, fotografi dan video Jurnalistik yang digelar oleh PT KPP Jobsite Inde yang menggandeng Media Tribun Kaltim bisa berdampak positif dan mendatangkan kebermanfaatan dari konten berita, foto, maupun video.

“Apalagi teman-teman siswa sudah ada yang punya akun Instagram, Tiktok, YouTube maupun media sosial,” Ucap Yoga.

Yoga mengatakan, Sebelumnya PT KPP Jobsite Inde telah mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik di SMAN 1 Kaliorang, Dengan narasumber News Manager Tribun Kaltim, Adhinata Kusuma dan Fotografer, Nevrianto Hardi Prasetyo.

Materi Jurnalistik dipandu oleh Adhinata Kusuma yang menjelaskan pentingnya jurnalis maupun reporter hadir di lapangan saat melihat kejadian atau peristiwa berdasarkan Fakta.

Saat meliput kejadian diharapkan teman hadir di lapangan atau lokasi peristiwa.

Ada fakta yang harus dicari dalam peliputan seorang jurnalis mengabarkan melalui teks harus memiliki unsur 5 W 1 H yakni:

– What (Apa);
– Who (Siapa);
– Where (dimana);
– When (Kapan);
– Why (mengapa);
– How (Bagaimana).

Fakta ada dua, yani Fakta Empiris merupakan fakta berdasarkan pengamatan, obeservasi di lapangan ketika liputan.

“Kemudian Fakta Opini berdasarkan hasil wawancara,” jelas Adhinata direspon siswa menggunakan baju seragam motif batik hitam putih termasuk Kepala Sekolah SMKN 1 Kaliorang, Andi Hasniah.

Adhinata juga mengenalkan sejumlah berita Tribun Kaltim yang tersiar di media online, X, Tiktok, Instagram dan memiliki 60 jaringan Kantor dari Aceh hingga Papua.

Tips jitu menulis jurnalistik juga dibagikàn, juga tak ketinggalan dibagikan pada siswa maupun guru.

Begitupula Fotografer, Nevrianto Hardi Prasetyo mengutarakan prinsipnya Foto juga berdasarkan fakta kejadian atau peristiwa dilapangan harus disertai caption atau keterangan foto berdasarkan angle pemotretan dan angle pengambilan gambar video.

Judul foto, keterangan foto dilengkapi lokasi kejadian, tanggal bulan dan tahun harus disertakan ketika jurnalis meliput peristiwa.

Meliputi keterangan lengkap, bisa sampai 2 kalimat, supaya khalayak bisa mengerti maksud dari foto peristiwa.

Nur Asmita adalah Siswa Kelas 11 Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ( OTKP) SMKN 1 Kaliorang sangat antusias mengikuti Pelatihan Jurnalistik yang digelar PT KPP Jobsite Inde yang merupakan bahan pelajaran ekstrakurikuler bersama 80 siswa termasuk belasan gurunya.

“Seru banget Pelatihan Jurnalistik dan Foto, kita bisa banyak mendapatkan pengetahuan tentang foto dan tentang wawancara,” katanya.

“Dari Pelatihan jurnalistik diselenggarakan PT KPP Jobsite Inde, kita bisa memotret yang lebih bagus lagi, juga menulis. Kalau kita mewawancara kita lebih lebih banyak tau caranya wawancara,” sambungnya.

Selain sesi pemaparan materi, sesi tanya jawab juga membuat siswa semakin terpancing antusias.

Bahkan seorang siswa OTKP, Carlos tanpa disangka menyanyi lagu Berita Kepada Kawan, ciptaan Ebiet G Ade di sela waktu pelatihan menambah semangat, membuat senyum seluruh hadirin peserta pelatihan jurnalistik. (*Red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *