Puluhan Pegawai PDAM Kutim Jalani Tes Urin

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Puluhan orang pegawai di jajaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtah Tuah Benua Kutai Timur (Kutim) mengikuti tes urin yang dilaksanakan Polres Kutim sebagai bentuk antisipasi penyalahgunaan natkotika.

Direktur PDAM Kutim, Suparjan didampingi Kabag Umum, Agus Sugiharto menegaskan pihaknya berkomitmen sebagai pelayanan penyediaan pengelolaan air minum yang karyawannya senantiasa bisa bebas dari narkoba.

“Tes ini bertujuan untuk menjauhi barang-barang terlarang dan mengedukasi sanak saudara di rumah tentang bahayanya narkoba,” sebutnya saat dikonfirmasi, Rabu (25/8/2021).

Pihak PDAM Kutim berterima kasih kepada aparat kepolisian yang telah memberikan edukasi dan tes urine guna menjaga pegawai PDAM agar tidak terjerat narkoba.

“Semoga para pegawai terhindar dari barang haram tersebut,” harap Suparjan.

Sebagai bentuk komitmen, PDAM Kutim berencana melakukan tes urine secara berkala. Untuk teknisnya akan dilakukan secara acak dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

“Hal ini tentu merupakan salah satu langkah antisipasi terhadap keterlibatan pegawai terkait narkoba,” ucap Suparjan.

Dia mengingatkan agar seluruh pegawai terus menjaga diri agar tidak menyimpan atau kedapatan mengkonsumsi narkotika. Sebab jika hal itu dilakukan maka pihak perusahaan akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan perusahaan yang berlaku.

“Apabila ada karyawan yang menggunakan barang haram tersebut, kami tidak segan-segan memberikan sanksi secara tegas,” ulasnya.

Sementara Kasat Resnarkoba Polres Kutim, Iptu MP. Rachmawan turut memberikan penjabaran terkait kewaspadaan khususnya diwilayah perusahaan.

Menurutnya, langkah-langkah pencegahan juga bisa dilakukan melalui skema rehabilitasi. Jika ada anggota keluarga yang terlibat narkoba. Namun berkeinginan untuk berhenti dapat mengajukan rehabilitasi ke Polres Kutim.

“Pihak keluarga untuk bisa mengajukan atau meminta permohonan rehabilitas akan kami fasilitasi,” pungkasnya. (adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *