Rayakan HUT Ke-76 RI, Pelapak Taman Bersemi Sangatta Gelar Upacara

  • Whatsapp

Aktualborneo.com – Pelapak Taman Bersemi Sangatta di masa Pandemi Covid 19, tetap turut memperingati HUT Ke – 76 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan upacara pengibaran bendera sang saka merah putih, Selasa 17 Agustus 2021.

Pemerintah Kutai Timur telah mengeluarkan tiga kali pemberlakuan PPKM Level 4 karena masih tingginya laporan dan data angka yang terkonfirmasi Covid 19 dan meninggal karena Covid 19 berdasarkan yang ada.

Atas pemberlakuan PPKM Level 4 tersebut, Usaha dan pendapatan Pelapak ( Pedagang Kecil ) Taman Bersemi Eks Lapangan STQ Desa Sangatta Utara, Kab. Kutai Timur ( Kutim ) menurun dan tidak seperti biasanya.

Walaupun masih diterpa badai pemberlakuan PPKM Level 4 Pandemik Covid 19 dan kondisi gerimis, Pengurus BUMDES dan Pelapak Taman Bersemi masih menunjukkan semangat patriotisme dalam turut serta memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ( HUT RI ) yang ke – 76 Tahun seperti daerah dan tempat lainnya.

HUT RI ke – 76 dipimpin oleh Direktur BumDes Taman Bersemi A Rifandi dan komandan upacara oleh mantan pejuang kemerdekaan RI ( Veteran ) bernama Ismail serta pembacaan acara upacara oleh H. A. Rasni selaku Pelapak.

Pembacaan teks Undang – Undang Dasar 1945 oleh Pelapak Taman Bersemi serta pembacaan teks Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Direktur BumDes Taman Bersemi.

Selain itu, Lagu Indonesia Raya dan Hening Cipta juga dinyanyikan oleh Pelapak yang diiringi dengan musik yang dipandu oleh satu orang.

Kegiatan upacara memperingati HUT RI yang ke – 76 ini di inisiasi oleh H. A. Rasni, Yuna Formerry, Darniyah dan lainnya yang didukung oleh BumDes Taman Bersemi.

Setelah upacara selesai dan dibubarkan, Langsung wawancara dengan Direktur BumDes Taman Bersemi.

A Rifandi menuturkan, kegiatan upacara memperingati HUT RI yang ke – 76 ini yang di inisiasi oleh pelapak sebagai bentuk semangat patriotisme mereka dan rasa cintanya kepada Negara Republik Indonesia serta mengenang para pejuang dan pahlawan pergerakan dan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan – tangan penjajah dengan rasa sakit dan tetesan darah yang bercucuran dialami dan dirasakan demi untuk anak dan cucunya kelak hari menuju masyarakat Republik Indonesia bersatu, berdaulat, adil, makmur dan sejahtera, Tuturnya.

Dikatakannya, senang sekali dan bahagia dalam kegiatan euforia memperingati HUT RI yang ke – 76 ini, meskipun dirayakan dalam keadaan Pandemik Covid 19 serta ada perhatian dan solusi yang terbaik kepada Pelapak Taman Bersemi dari Pemerintah dan DPRD Kab. Kutai Timur atas usaha dan pendapatan mereka menurun dan tidak seperti biasanya lagi.

“Kami mengharapkan di hari Kemerdekaan yang ke – 76 ini menjadi sebuah momentum agar merdeka dari PPKM dan Merdeka dari Covid 19 serta terlepas dari Pandemik Covid 19 ini dengan cepat berlalu dan keadaan kembali normal,” tutupnya. (Lukman/Ab).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *