Samarinda dan Kukar Jadi Daerah Pertama di Kaltim Lakukan Vaksinasi COVID-19

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi daerah pertama melaksanakan penyuntikan vaksin COVID-19 yang rencananya pada  Kamis 14 Januari 2021.

Hal itu disampaikan Wagub Hadi Mulyadi usai mengikuti video conference sosialisasi vaksinasi COVID-19 dipimpin Menkes RI Budi Gunadi Sadikin, secara virtual, di Ruang Heart of Borneo (HOB) Kantor Gubernur Kaltim, Senin (11/1).

“Untuk perdana penyuntikan vaksin COVID-19 diprioritaskan bagi seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di masing-masing rumah sakit Samarinda dan Kutai Kartanegara,”katanya.

Ia mengatakan sesuai arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin  bahwa Provinsi Kaltim siap melaksanakan penyuntikan vajsin COVID-19  dan untuk  sementara didistribusikan di dua daerah dulu. Sedangkan untuk daerah lainnya akan dilakukan penyuntikan pada pengiriman vaksin yang kedua.

Menurutnya Provinsi Kaltim  saat ini sudah menerima vaksin 25.520 dosis dan selanjutnya vaksin akan diberikan dengan dua kali penyuntikan bagi setiap  tenaga kesehatan.

Hadi menjelaskan sesuai anjuran pemerintah pusat untuk perdana memang dilakukan oleh level pimpinan. Pelaksanaannya nanti belum dipastikan di mana, nantinya bisa di rumah sakit atau di Kantor Gubernur, nanti akan  akan diinformasikan.

“Sedangkan penambahan tempat tidur bagi pasien COVID -19 akan dikoordinasikan lebih lanjut ke masing-masing rumah sakit,” katanya.

Pada kesempatan itu juga Kadis Kesehatan Padilah Mante Runa yang mendampingi Wagub Hadi menjelaskan Kaltim sudah siap melaksanakan vaksinasi. Sedangkan penyimpanan vaksin  ada di Dinkes dan tempatnya telah memenuhi syarat.

“Jadi, tidak ada masalah untuk penyimpanan vaksin COVID-19, bahkan masih longgar tempat penyimpanannya. Palaksanaan vaksin  diawali oleh tenaga kesehatan,” jelasnya.

Sumber: Antara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *