Sekda Rizali Hadi Tutup Bazar Ramadhan dan Pasar Murah Garapan Diskop dan TPID Kutim

AKTUALBORNEO.COM, Sangatta – Terselenggaranya Bazar Ramadhan dan Gerakan Pasar Murah tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Sangatta dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Rizali Hadi saat membacakan sambutan Bupati Kutim di acara penutupan kegiatan ini, Sabtu (30/03/2024) malam di alun-alun Helipad Kantor Bupati.

Selanjutnya disampaikan, Bazar ini bentuk fasilitasi pemerintah bagi pelaku UMKM di Kutim. Selain itu digelarnya Pasar murah juga salah satu perhatian pemerintah melalui Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) dalam menekan laju inflasi terutama di saat bulan puasa ini.

“Dimana harga kebutuhan pokok cenderung melonjak. Untuk itu di Pasar murah ini penyediaan kebutuhan pokok berupa beras, minyak goreng, tepung dan telur dipatok harga distributor,” ungkapnya.

Bazar UMKM ini, kata ia diharapkan afirmasi Pemkab Kutim dalam pemberdayaan pelaku UMKM agar dapat meningkatkan produktivitasnya dengan memperkenalkan produk-produk olahan yang telah dikurasi dan perizinan sehingga layak dikonsumsi.

“Bazar ini dapat diikuti secara kontinyu, baik di Kutim, regional, nasional bahkan internasional. Dengan cara inilah maka program pemberdayaan UMKM dan minat berwirausaha masyarakat akan semakin meningkat. Sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di sektor rill yang pada akhirnya akan meningkatnya taraf hidup masyarakat,” ujar Rizali Hadi.

Sebelumnya, Kadis Koperasi dan UKM Teguh Budi Santoso dalam laporannya mengatakan, penyelenggaraan Bazzar Ramadhan dan Pasar Murah merupakan kolaborasi antara Dinas Koperasi dan UKM Kutai Timur (Kutim) dan TPID bertujuan untuk memfasilitasi UMKM atas hasil olahan makanan maupun kerajinan tangan.

“Untuk diketahui, selama pelaksanaan lima hari Bazzar Ramadhan dari 26-30 Maret 2024 tersebut telah terjadi transaksi sejumlah Rp.131.320.000 ,” beber Teguh.

Turut hadir diacara penutupan ini Wakil Ketua DPRD Arfan, Dandim 0909/KTM Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo, Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, Perwakilan dari Polres Kutim, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, Kepala Perangkat Daerah dan Lainnya. (*Red-DKIPSKT)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *