Selamat Jalan Legenda Angkat Besi Indonesia Lisa Rumbewas

Aktualborneo.com,- Dunia olahraga Indonesia berduka. Salah satu insan terbaik negeri ini telah kembali ke pangkuanNya. Raema Lisa Rumbewas, legenda cabang olahraga angkat besi Indonesia, telah meninggal dunia pada hari Minggu, 14 Januari 2024 pukul 03 WIT ,di RSUD Jayapura pada usia 43 tahun.

Sebelum meninggal, beberapa hari sebelumnya Lisa ditemukan terjatuh di kamarnya karena epilepsinya kambuh setelah kehabisan obat. Ia pun dibawa ke rumah sakit lokal dan selanjutnya dirujuk ke RSUD Jayapura.

Lisa, lifter putri yang lahir di Jayapura pada 10 September 1980  adalah atlet angkat besi wanita Indonesia, khususnya di ajang olahraga terbesar dunia, di Olimpiade Ia adalah satu-satunya wanita Indonesia yang pernah meraih tiga medali  pada tiga Olimpiade berbeda.

Ketiga medali tersebut yakni medali perak di Olimpiade Sydney 2000 pada kelas 48kg. Pada Olimpiade Athena 2004, Lisa berhasil mempertahankan prestasinya dengan raihan medali perak pada kelas 53kg. Lalu, pada Olimpiade Beijing 2008, di kelas 53kg, Lisa meraih medali perunggu.

Selain sukses mengukir prestasi di ajang Olimpiade, Lisa yang asli Papua, juga pernah meraih medali perak kejuaraan dunia angkat besi tahun 2006 di Republik Dominika.dan khusus di ajang olahraga Negara-Negara Asia Tenggara, SEA Games, Lisa juga selalu menorehkan prestasi dengan raihan medali. Lisa meraih medali perunggu di SEA Games Hanoi 2003, medali perak SEA Games Manila 2005 dan medali emas SEA Games Vientiane 2009.

Keluarga Lisa memang memiliki riwayat pada cabang angkat besi. Ia adalah titisan dari sang ibu, Ida Aldamina Korwa yang juga adalah mantan lifter.” Selamat Jalan Lisa”.

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *