Basir Kembali ke Rumah dengan Selamat usai Dinyatakan Hilang di Perairan Tanah Grogot

AKTUALBORNEO.COM – Setelah sempat dinyatakan hilang saat mancing di laut, Basir, nelayan asal Tanjung Baru, Manggar Baru, Balikpapan Timur, Balikpapan akhirnya kembali ke rumahnya dengan kondisi selamat.

Nelayan berusia 54 tahun, itu sebelumnya dinyatakan hilang usai kapalnya mengalami mati mesin dan patah has di perairan Tanah Grogot, Senin (14/2/2022) lalu. Peristiwa ini diketahui setelah seorang rekan korban, Anto melaporkan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan, Senin (21/2/2022).

Dari keterangannya, kapal korban di temukan dan kemudian di tarik dan berjangkar di Lampu Suar Pulau Taka Timur dalam keadaan kosong. Anto kemudian kembali ke Manggar untuk melaporkan kepada keluarga korban.

Badan SAR Nasional (Basarnas) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan yang mendapat informasi tersebut langsung terjun dan melakukan upaya pencarian. Namun belakangan, Basarnas menerima informasi dari Ibu Ari (Istri Korban) bahwa korban alias sang suami telah kembali kerumah dengan selamat. Kapal yang mengalami mati mesin tersebut telah ditarik oleh nelayan yang kebetulan sedang melintas di Perairan Tanjung Aru menuju Muara Manggar, Balikpapan.

Berdasarkan informasi dari istri korban, Tim SAR Gabungan yang telah tiba di LKP, dengan menggunakan KN. SAR Wisanggeni, Senin (21/2/2022) malam, diarahkan untuk kembali ke Pelabuhan Somber Balikpapan.

Tiba di Pelabuhan Somber Balikpapan, Selasa (22/2/2022) dini hari, Tim SAR gabungan melaksanakan debriefing penutupan ops laka kapal nelayan mati mesin di Perairan Tanjung Aru Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Operasi SAR diusulkan untuk ditutup.

Dengan demikian unsur SAR Gabungan yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dan dilanjutkan dengan kesiapsiagaan. (Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *