Sertijab, Kepala UPT SPNF Sangatta Utara Berganti

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Unit Pelayanan Teknis ( UPT ) Satuan Pendidikan Non Formal ( SPNF ) Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) Sangatta Utara digelar, pada Senin, (1/10/2021). Kepala UPT SPNF Sangatta Utara yang lama Achmad Junaidi, S.H, M.Si menyerahkan jabatannya kepada ke Hj. Sri Rezeki Suswandari, S.Pd.

Achmad Junaidi sendiri kini menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah ( PLS ) Dinas Pendidikan Kutim.

Kegiatan pisah sambut Sertijab di UPT SPNF SKB Sangatta Utara ini merupakan kelanjutan dari Pelantikan dan Pengambilan Sumpah / Janji 230 Orang Dalam Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kutim Tahun 2021 berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kutim Nomor : 821.2/592/BKPP-MUT/X/2021 tanggal 25 Oktober 2021.

Dalam acara Sertijab itu, Achmad Junaidi menceritakan pengalamannya selama memipin memimpin UPT SPNF SKB Sangatta Utara selma kurang lebih 1 Tahun 7 Bulan. Kala itu, kata dia, mulai ruangan hingga fasilitas sekolah kurang memadai. Begitu pula dengan serta staf yang kurang memilik etos kerja lantaran tak begitu mencintai pekerjaannya.

“Di UPT SPNF SKB Sangatta Utara, Yang harus dibenahi dan dibesarkan sebagai pemimpin hingga berhasil seperti saat ini,” ujarnya.

Achmad Junaidi mengakui, UPT SPNF SKB Sangatta Utara awalnya diperkenalkan dan dibesarkan atas semangat dengan modal kemauan dan kerjasama seluruh staf. Atas kerja keras dan keikhlasan itu pun membuahkan hasil, walaupun dengan anggaran yang minim dikelola dari Pemerintah Kutim melalui Dinas Pendidikan Kutim yang hanya sebesar Rp 400 juta.

Angaran sebesar itu disebutkannya, digunakan Rp 230 juta untuk memperbaiki dan merenovasi sarana dan prasarana UPT SPNF SKB Sangatta Utara sehingga saat ini memiliki murid sebanyak 709 orang.

Adapun kegiatan UPT SPNF SKB Sangatta Utara selama ini, Achmad Junaidi mengatakan, berupa kursus dan taman baca. Taman baca ini harus digratiskan agar sejalan dengan visi, misi dan program kerja Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan Wakilnya Kasmidi Bulang dalam dunia pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Selain kegiatan tersebut di atas UPT SPNF SKB Sangatta Utara dan juga digalakkan pemberantasan buta aksara dan pendidikan untuk mendapatkan Paket A, B dan C yang ijazahnya setara dengan ijazah Pendidikan Formal SD, SLTP dan SMA/SMK,” jelas Achmad Junaidi.

Kepada Kepala UPT SPNF SKB Sangatta Utara yang baru, Achmad Junaidi berharap agar meneruskan yang sudah ada dan menyempurnakan yang belum sempurna, karena hal tersebut merupakan tugas yang sangat berat, seperti 3 ruangan yang sudah ada tetapi belum ada isinya yaitu Kursus Tata Busana, Tata Boga dan Tata Rias dan isinya kita serahkan kepada ahlinya PT. Kaltim Prima Coal ( PT. KPC ).

“Begitu juga dengan Kursus Komputer, Musik dan Marawis untuk kekurangannya kita serahkan juga Ahlinya PT. KPC,” pungkasnya.

Sementara itu, Hj. Sri Rezeki Suswandari menyampaikan ucapan apresiasi dan rasa bangganya. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala UPT SPNF Sangatta Utara sebelumnya yang telah berhasil menyulap dan merubah keadaan lebih baik terhadap UPT hanya dalam waktu kurang lebih 1 Tahun 7 Bulan.

“Yang tadinya tidak dilirik orang yang sudah menjadi sekarang punya murid sebanyak 700 lebih, Luar Biasa. Saya memimpin disini akan melanjutkan program yang sudah Pak Junaidi dan teman – teman susun. Saya tidak akan merubah apapun. Yang baik akan saya ikuti dan yang sudah sudah ada saya akan saya teruskan,” ucapnya.

“Dengan syarat semua mitra akan membantu saya, Kalau PT. KPC, Tidak usah diragukan, Di Bengalon disebut APBD II, Sudah sangat baik kerjasama kita, Di Desa Saya Sepaso Barat Bengalon PT. KPC membantu 15 Mesin Jahit, Sekarang itu jika kita mau pelatihan dengan teman – teman PKK, Berjalan,” tuturnya.

Sambung Hj. Sri Rezeki Suswandari “Masa, UPT SPNF SKB Sangatta Utara yang dekat dengan Kantor PT. KPC, Belum ada ternyata, Mesin Jahit tidak ada dan Oven Tidak ada.”

Nanti, lanjut dia, bukan hanya PT. KPC yang akan membantu kami, tetapi banyak nitra yang akan membantu.

“Saya akan berjanji, Akan meneruskan kekompakan dengan teman – teman, Saya juga sama dengan Pak Junaidi baru 1 Tahun 7 Bulan menjabat di SMP 4 Bengalon, Ternyata harus pindah, Harus kesini, Mau tidak mau beban berat ini harus saya pikul dengan semangat membara,” imbuhnya.

“Satu lagi, Yang tidak perlu kita ragukan adalah ada bos kita Pak Junaidi disana yang menjabat saat ini Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan Kutim, timpalnya.

Lanjut Hj. Sri Rezeki Suswandari mebgatajan. “Nanti dari Dinas, Saya minta tolong kepada Pak Junaidi selaku Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan Kutim, Saya titip untuk sarana dan prasarana, untuk ketenagaan dan untuk pendanaan, Tetapi Insya Allah kerjasama itu terus kita akan lanjutkan sebagaimana pesan Pak Junaidi semua yang dibantu teman – teman saya akan lanjutkan,” pintanya.

Ditambahkan Hj. Sri Rezeki Suswandari bahwa Saya dirimta memohon kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kutim dan Kepala Dinas PU Kutim bantuan dan kerjasamanya dalam pendanaan maupun sarana dan prasarana agar UPT SPNF SKB Sangatta Utara lebih berkembang dan maju.

“Kepada Dewan Pendidikan merupakan Dewan Penyandan SKB akan siap membantu dan kerjasama dengan baik,” pungkasnya. (Lukman/AB).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *