Silaturahmi AS-KB, Sinyal Koalisi Tiga Partai di Pilkada Kutim Menguat

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Bakal pasangan calon Pilkada Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman – Kasmidi Bulang (AS-KB) menjajaki dukungan partai politik untuk memenuhi syarat pencalonan yakni diusung 8 kursi di parlemen.

Setelah memantapkan tekad untuk maju dan berpaket, AS-KB dan Kader Demokrat Ordiansyah mengadakan pertemuan bersama. Ordiansyah tidak sendiri, juga hadir Ketua DPC Partai Berkarya Kutim Syafruddin Dondo.

Hal ini diketahui dari video dan foto yang beredar, dimana pada silaturahmi tersebut Ordiansyah tampak mengenakan kemeja batik. Ia duduk disebelah kiri kedua pasangan tersebut, sementara di samping kanan terlihat Syafruddin Dondo dengan baju yang berwarna putih.

Sinyal merapatnya Demokrat dan Berkarya ke AS-KB menguat mana kala Ordiansyah memberikan komentar dalam video tersebut.

“Saya kader Partai Demokrat bersama dengan calon Pilkada Kutai Timur As-Kb dan didampingi Ketua DPC Berkarya Insyaa Allah, mudahan silaturahmi menjadi pintu masuk terbaik untuk Kutim. Insyaa Allah,” tutur Ordi.

Meskipun belum ada rilis dan keputusan resmi yang diterima redaksi media ini terkait sikap dari kedua partai tersebut di Pilkada Kutim 2020. Namun, vidio dan pernyataan tersebut setidaknya dapat memberikan gambaran sebagai salah satu pasangan calon. Alasannya, jika kedua partai ini bergabung, maka AS-KB dapat memenuhi syarat untuk maju di Pilkada Kutim 2020.

Seperti diketahui, PKS Kutim yang memiliki dua kursi di parlemen itu telah dukungan penuh kepada kader PKS, Ardiansyah Sulaiman. Sedangan Partai Demokrat memiliki 4 kursi, dan ditambah 2 Kursi dari Partai Berkarya.

Dengan demikian syarat dukungan mencukupi 20% dari jumlah kursi di DPRD Kutim sebagaimana pasal 40 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang yang menyatakan Partai Politik atau gabungan Partai Politik dapat mendaftarkan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD atau 25%  dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD.

Kasmidi Bulang sendiri merupakan Plt BupatI Kutim sekaligus Ketua Partai Golkar Kutim. Meskipun keputusan dan rekomendasi DPP Golkar dalam Pilkada Kutim 2020 jatuh ditangan pasangan bakal calon Mahyunadi – Kinsu. (*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *