Sukses Tembus Pasar Taiwan, Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri asal Kutim Terima Penghargaan

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Koperasi Produsen Taruna Bina Mandiri asal Kecamatan Kaubun, Kutai Timur (Kutim) meraih predikat pengelola UMKM yang berhasil menembus pasar ekspor. Piagam penghargaan diserahkan Gubernur Kaltim, Isran Noor pada acara Forum Perangkat Daerah sektor Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM Se-Kaltim di Hotel Platinum Balikpapan, Kamis (24/3/2021).

Isran Noor saat membuka acara mengatakan, perkembangan UKM di Kaltim sangat besar. Sebanyak 9 eksportir juga dilepas oleh Gubernur Kalimantan Timur ke 10 negara tujuan dan juga disaksikan oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengatakan, Pemprov Kaltim terus mendorong dan mendukung UMKM agar mereka tidak hanya mampu bertahan dan eksis di tengah pandemi, tetapi mereka dapat tampil sebagai juara dari krisis ini serta memanfaatkan pelung berdagang dengan seluruh mitra Indonesia.

“Kita buktikan, ternyata mereka bisa naik kelas. Yaitu bisa memilih pasarnya sendiri. Bahkan, bukan hanya regional tapi sudah pasar global atau internasional,” ujarnya.

Diketahui, UMKM Kecamatan Kaubun telah menembus pasar Taiwan. Acara pelepasan ekspor digelar pada akhir bulan lalu. Adapun jenis produk ekspor UMKM Kaubun, yaitu Amplang Kaubun, Grubi Singkong, Kacang Sembunyi, Keripik Tempe, Keripik Pisang, dan Serbuk Jahe Merah.

Tercatat total nilai ekspor UMKM Kaubun mencapai Rp 115 juta. (Arm/red).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *