Tahapan Pilkades Serentak di Kutim Terus Bergulir

  • Whatsapp

AKTUALBORNEO.COM – Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2022 terus bergulir. Kamis (30/06/2022), Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPDes) kembali menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Rakor tahapan persiapan Pilkades 2022 kali ini yaitu agenda pembentukan Sub kepanitiaan tingkat kecamatan dan panitia tingkat desa, dan dibuka oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Ruang Akasia Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kutim yang akan diikuti 77 desa itu diharapkan dapat berjalan aman, damai dan demokratis.

Dalam sambutannya, Ardiansyah Sulaiman mengatakan, melalui Rakor persiapan Pilkades serentak tahun 2022-2023 ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan serta mempermudah pelaksanaan tahapan Pilkades serentak.

“Semua pihak dapat betul-betul mencermati semua aturan tertuang, sehingga tidak menimbulkan permasalahan,” ucapnya.

Bupati meminta semua panitia dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam menjalankan tugas di lapangan dan memperhatikan beberapa hal yang menjadi aturan.

“Saya meminta panitia selalu komunikasi secara intensif dengan lembaga-lembaga desa serta berbagai komponen masyarakat lainnya untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan Pilkades,” ujar

Selain itu, dia berpesan agar seluruh yang terlibat sebagai pelaksana Pilkades, untuk bersikap profesional, jujur, adil dan tidak menunjukan sikap keberpihakan kepada salah satu calon. Selanjutnya selalu bermusyawarah dan mengesampingkan ego pribadi atau kelompok.

Bupati berharap pelaksanaan Pilkades serentak di Kutim dapat berjalan dengan baik, serta dapat menghadirkan situasi yang kondusif sampai pada akhir proses Pilkades.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai sebuah pelajaran demokrasi untuk menghargai sebuah perbedaan. Semoga seluruh pihak bisa berpartisipasi secara aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa ini dan dapat memberikan kontribusi positif bagi terselenggaranya Pilkades yang aman, tertib dan lancar,” tutupnya.

Diketahui, Rakor tersebut dikuti oleh 17 kecamatan dan 77 desa serta perangkat desa di 17 kecamatan di Kutai Timur kecuali Kecamatan Muara Kongbeng.

Sebelumnya, pada Senin (27/06/2022) kemarin, DPMPDesa Kutim juga menggelar rapat pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten dan sosialisasi tahapan serta regulasi Pilkades serentak tahun 2022/2023.

Imran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.