Temui Ardiansyah, Kepala Adat Kutai Sangatta Sampaikan Aspirasi dan Salam 3 Jari

AKTUALBORNE.COM – Dukungan politik kepada pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang (ASKB) tidak hanya datang dari ormas, partai politik, dan masyarakat pada umumnya. Namun, dukungan juga datang dari para tokoh-tokoh adat. Salah satunya Kepala Adat Kutai Sangatta, H. Kasmo.

H. Kasmo bersama tetua-tetua adat Kutai lainnya secara khusus bertandang di kediaman Ardiansyah Sulaiman, Jl. Sulawesi, RT 25, No 94, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim, Senin (9/11/ 2020).

Calon nomor 3 itu pun menyediakan waktu disela kesibukan jadwal kampanye. Tujuannya tidak lain untuk menyambut dan bertatap langsung dengan tokoh adat Kutai. Silaturahmi itupun berlangsung Khidmat di ruang tamu rumahnya.

Di dalam perbincangan yang penuh dengan keakraban tersebut, Ardiansyah kembali membuka memori tentang pengakuan pemerintah Kutim kepada adat dibawah kepemimpinan H. Kasmo yang sebagai kepala adatnya. Ini berkaitan dengan lahan untuk pembangunan rumah adat Kutai pada saat dirinya menjabat Wakil Bupati di era kepemimpinan Bupati Kutim Isran Noor.

“Semasa Pak Isran itu setahu saya, sudah dibebaskan lahan untuk pembangunan rumah adat Kutai, untuk langkah ke tahap pembangunannya nanti kita usahakan itu akan terealisasi,” jelas Ardiansyah.

Dikatakannya, jika nantinya pasangan ASKB mendapatkan amanah untuk memimpin Kutim, akan melanjutkan dan menata kembali program-program terdahulu yang sudah dicanangkan. “Agar dapat segera ditindak lanjuti dan dilaksanakan,” imbuh Ardiansyah.

H. Kasmo merupakan kepala adat Kutai Sangatta berdasarkan silsilah leluhur pribumi asli Kutai. Ia berdomisili di Sangatta dan secara turun temurun mewarisi budaya dan adat istiadat sekaligus mengemban tugas sebagai kepala adat di wilayah Sangatta dan sekitarnya.

“Saya pada prinsipnya mewakili masyarakat adat Kutai, mendukung Bapak dalam pencalonan ini, dan saya juga berharap semoga atas izin Allah, bapak bisa terpilih sebagai bupati kita nantinya,” ucap H. Kasmo.

Lanjut dikatakannya “Dalam hal ini saya bersama tua-tua adat lainnya yang mungkin pada kesempatan ini belum bisa semua hadir, mengharapkan agar dipemerintahan bapak nantinya, jika bapak terpilih dapat dengan lebih serius memperhatikan kelestarian budaya lokal dalam hal ini adat Kutai, contoh salah satunya dengan bersama masyarakat adat dan pemerintah daerah kita membangun Lamin bagi masyarakat adat Kutai di sangatta,” harap H. kasmo.

H. Kasmo menilai, Lamin memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat adat. Pasalnya, di Lamin tersebut nantinya, disamping sebagai pelestarian budaya dan simbol adat, juga dapat difungsikan sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Menanggapi hal itu, Ardiansyah menyatakan, nantinya akan berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait agar apa yang sudah dilaksanakan bisa secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Memprogramkan di program kerja dinasnya agar lebih memperhatikan kelestarian budaya lokal, agar tertata sebaik mungkin dan bisa juga menjadi salah satu objek wisata nanti kedepannya,” jelas Ardiansyah.

Diakhir pertemuan, Ardiansyah dan H. Kasmo beserta tua-tua adat Kutai lainnya menyempatkan mengabadikan momen silaturahmi tersebut. Mereka berfoto sekaligus mengangkat salam tiga jari sebagai simbol dukungan kepada pasangan Ardiansyah-Kasmidi di Pilkada Kutim 2020.

Reporter: Daniel
Editor: E1.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *