Tim Gabungan Berhasil Menangkap Buaya 2,82 Meter di Folder Ilham Maulana Sangatta

AKTUALBORNEO.COM – Seekor buaya sepanjang 2,82 meter berhasil ditangkap Tim Gabungan dari Polder Ilham Maulana, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim), pada Sabtu (10/9/2022) malam.

Buaya itu telah diamankan dari kolam bagian atas dari dua kolam Folder itu oleh tim gabungan yang terdiri dari Laskar Kebangkitan Kutai Timur (LKK) berserta organisasi sayap Paslit, Polairud, Lanal Sangatta, Basarnas, dan Pemadam kebakaran (Damkar).

“Alhamdulillah, pada malam ini kita dari tim SAR gabungan dari LKK, Pemadam, Polairud, Basarnas, Lanal Sangatta berhasil mengamankan buaya sepanjang 2,82 meter,” ucap Ketua MPW LKK Kutim Rony Efendi didampingi Ketua Paslit Anarullah dan anggota Tim Gabungan lainnya di lokasi.

Penangkapan buaya itu disebutkan dilakukan dengan cara tradisional. Setelah sampai di daratan, petugas gabungan langsung bergerak melakukan evakuasi dengan cara mengikat rahang reptil berbahaya itu menggunakan selotip berikut keempat kakinya menggunakan tali.

Buaya berwarna hijau kehitam-hitaman itu rencananya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim. Namun sementara malam ini akan diamankan di Markas Damkar.

Kawasan Folder Ilham Maulana Sangatta diketahui ramai dikunjungi warga, terutama di akhir pekan. Selain sebagai wahana alternatif untuk bersantai, berolahraga dan bahkan berlibur, folder ini juga “menghidupkan” denyut ekonomi masyarakat.

Rony Efendi mengungkapkan penangkapan buaya oleh tim gabungan di Folder Ilham Maulana sebagai upaya untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa.

“Mencegah lebih baik daripada ada hal-hal yang tidak kita inginkan, tempatnya di Folder Sangatta, Kutai Timur,” pungkasnya.(Rls)

Pos terkait